Cara Mencegah Kanker Lidah

Cara Mencegah Kanker Lidah

 

Cara Mencegah Kanker Lidah – Kanker Lidah adalah tumor ganas yang terjadi pada lidah ketika pertumbuhan sel-sel lidah menjadi tak terkendali. Kanker lidah berkembang dari sel-sel skuamosa. Sel-sel lidah normal yang tadinya tumbuh dan membelah secara teratur dan terkontrol menjadi tidak terkendali sehingga akan terus tumbuh dan membelah, maka terbentuklah massa jaringan yang abnormal, disebut tumor lidah. Tumor lidah ini bersifat lokal dan tidak menyebar. Sedangkan istilah “Kanker Lidah” berarti tumor lidah yang menjadi ganas, yang dapat menyerang jaringan sekitar dan dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya meskipun jauh yang dikenal dengan istilah metastase.

Kanker lidah merupakah salah satu tipe kanker mulut (oral cancer) seperti kanker pada bibir, langit-langit keras, lapisan pipi bagian dalam, mulut bawah depan lidah, dan gusi. Oral cancer merupakan subkelompok dari kanker kepala dan leher.

Gejala Kanker Lidah

Gejala-gejala yang mengindikasikan kanker lidah meliputi:

  • Sakit tenggorokan yang berlangsung terus-menerus.
  • Bercak berwarna merah atau putih, benjolan, atau sariawan yang tidak kunjung sembuh.
  • Sakit saat menelan.
  • Rasa kebas dalam mulut yang tidak kunjung hilang.
  • Perdarahan tanpa sebab yang jelas pada lidah.
  • Rasa sakit pada telinga (jarang).

Sejumlah indikasi di atas mungkin saja disebabkan oleh penyakit atau infeksi selain kanker lidah. Tetapi Anda sebaiknya tetap waspada dan memeriksakan diri ke dokter jika gejala-gejala tersebut berlangsung lebih dari tiga minggu, terutama jika Anda adalah perokok berat dan sering mengonsumsi minuman keras.

Faktor-faktor Pemicu Kanker Lidah

Penyebab kanker lidah belum diketahui secara pasti, tetapi ada faktor-faktor tertentu yang dipercaya dapat memicu kemunculan kanker ini. Faktor-faktor risiko tersebut meliputi:

  • Rokok. Sekitar 85 persen kanker pada daerah kepala dan leher, termasuk lidah, disebabkan oleh konsumsi tembakau. Selain itu, perokok pasif juga berisiko lebih tinggi untuk terjangkit kanker di bagian kepala dan leher.
  • Minuman keras (alkohol). Konsumsi alkohol secara rutin dalam jumlah yang relatif banyak juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker lidah. Konsumsi alkohol apabila dikombinasikan dengan merokok akan semakin meningkatkan risiko seseorang untuk terjangkit kanker ini.
  • Human papillomavirus (HPV). Walau jarang terjadi, virus HPV dapat menyebabkan pertumbuhan jaringan abnormal dalam mulut sehingga memicu kanker. Penularan virus ini dapat terjadi jika Anda bersentuhan langsung dengan kulit pengidap atau benda yang terkontaminasi virus HPV atau melalui kontak seksual, seperti hubungan intim, seks anal, maupun seks oral.
  • Higienitas mulut yang rendah. Kanker lidah juga dapat dikaitkan dengan luka pada mulut yang tidak kunjung sembuh. Luka ini dapat terjadi akibat patahan gigi yang melukai bagian dalam mulut atau sariawan yang sering muncul dan tidak kunjung sembuh. Oleh karenanya, penting untuk menjaga kebersihan mulut dan mengobati luka yang terjadi dalam rongga mulut sesegera mungkin. Hasil penelitian oleh Departemen Kesehatan Indonesia menunjukkan bahwa orang dengan kebersihan mulut yang buruk berisiko 2,3 kali lebih tinggi untuk mengalami kanker rongga mulut, termasuk lidah.

Cara Mencegah Kanker Lidah

Cara Mencegah Kanker Lidah

Cara Mencegah Kanker Lidah

Bagaimana cara mencegah kanker lidah ? Walaupun belum ada cara yang benar-benar terbukti untuk mencegah kanker lidah, tidak ada salahnya untuk mencoba berbagai langkah berikut ini, guna menghindarkan diri dari penyakit berbahaya seperti kanker lidah :

  1. Jangan merokok dan jangan mulai merokok

Jika anda seorang perokok aktif, mulai sekarang anda sebaiknya berhenti merokok. Rokok bisa menyebabkan penyakit kanker termasuk kanker lidah. Tembakau di dalam rokok mengandung zat – zat kimia berbahaya yang bisa menyebabkan kanker.

  1. Hindari mengkonsumsi minuman beralkohol

Anda seorang pecandu alkohol?  Jika anda tidak ingin menderita kanker lidah, sebaiknya mulai sekarang anda tidak lagi mengonsumsi minuman alkohol. Sebab, sering mengonsumsi minuman alkohol sendiri bisa mengiritasi sel-sel di dalam mulut dan juga meningkatkan resiko kanker.

  1. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Berbagai vitamin dan antioksidan di dalam buah dan sayur bisa membantu mengurangi resiko terkena kanker mulut termasuk kanker lidah. Dan, mengkonsumsi buah dan sayur juga bisa meningkatkan kesehatan secara menyeluruh.

  1. Ke dokter gigi secara teratur

Memeriksakan diri ke dokter gigi secara rutin bisa membantu untuk mencegah tumbuhnya sel – sel kanker di dalam mulut. Saat memeriksakan diri ke dokter, minta juga dokter anda untuk memeriksa seluruh bagian mulut untuk mengantisipasi jikalau ada area di dalam mulut yang mungkin terkena kanker.

  1. Hindari Karsinogen

Cara mencegah kanker lidah yang terakhir adalah menghindari kontaminasi dengan benda yang mengandung zat karsinogen atau bersifat karsinogenik. Bahan-bahan industri seperti bahan sintesis, asbes, perabot yang mengandung vernis adalah sumber zat karsinogen. Selanjutnya memperbanyak konsumsi makanan sehat, bebas racun, bebas pestisida, dan bebas paparan radiasi adalah cara terbaik supaya terhindar dari resiko kanker lidah.

  1. Menjaga Berat Badan Ideal

Selain mengganggu penampilan, mereka yang mengalami kegemukan atau obesitas lebih rentan terhadap berbagai jenis penyakit seperti hipertensi, diabetes, kelainan cardiovascular, dan kanker. Mengonsumsi makanan kaya serat adalah opsi terbaik untuk menurunkan berat badan sekaligus menjaga berat badan tetap ideal.

  1. Konsumsi Teh Hijau

Antioksidan dalam teh hijau dapat memperlambat penuaan dan mencegah penyakit jantung, beragam jenis kanker termasuk kanker lidah. Menurut penelitian di Swiss, mereka yang minum lebih dari dua cangkir teh hijau dalam sehari dapat mencegah kanker sebesar 46% mereka yang tidak meminumnya.

  1. Konsumsi Daun Pepaya

Studi menunjukkan bahwa daun pepaya mengandung Papain, ini mrupakan protein biodegradable, yang berguna menetralkan racun dalam tubuh juga berperan memperkuat sistem kekebalan tubuh, seperti melawan perkembangan tumor, kanker yang bisa menyerang lidah anda.

Itulah 8 Cara Mencegah Kanker Lidah. Semoga bermanfaat

Cara Mencegah Kanker Lidah

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*