Gejala Kanker Paru Yang Sering Diabaikan

Gejala Kanker Paru Yang Sering Diabaikan

 

Gejala Kanker Paru Yang Sering Diabaikan – Kanker paru-paru termasuk jenis kanker mematikan siapapun yang terkena kanker ini akan sangat sulit disembuhkan, fakta lebih mirisnya banyak orang yang tak sadar akan gejala kanker paru.

Sehingga banyak orang yang tidak sadar terkena kanker paru setelah memasuki stadium akhir, hal ini pun membuat kesulitan dalam proses penyembuhan.

Gejala Kanker Paru Yang Sering Diabaikan

Gejala Kanker Paru Yang Sering Diabaikan

Kanker paru memang mematikan, namun jika kita menyadarinya lebih awal maka harapan hidup penderitanya masih tinggi karena kanker paru-paru masih bisa diatasi. Nah sebelum terlambat sebaiknya kenali gejala kanker paru yang sering diabaikan berikut ini :

  1. Sesak Napas

Sesak napas atau mengi merupakan masalah pernapasan biasa yang dianggap tidak terlalu serius. Namun, jika kondisi ini datang tiba-tiba saat melakukan aktifitas yang sebelumnya tidak membuat Anda kehabisan napas, Anda patut waspada. Kemungkinan ini adalah peringatan dini adanya masalah pada paru-paru Anda.

Meskipun sesak napas bisa saja disebabkan oleh banyak faktor, namun jika Anda beresiko tinggi terkena kanker paru-paru, periksakan kondisi ini sesegera mungkin. Ingat, semakin awal kanker ini dideteksi semakin besar peluang sembuhnya jika ditangani dengan benar. Jadi perhatikan gejala kanker paru lainnya, semakin banyak ciri-ciri yang dialami, maka semakin besar kemungkinannya.

  1. Batuk Membandel

Batuk yang terus menerus hingga menyebabkan suara serak dan sulit hilang, bisa jadi salah satu ciri-ciri kanker paru-paru. Sayangnya, banyak orang menganggap ini hanya masalah flu atau alergi biasa yang tidak perlu diperiksakan ke dokter.

Batuk yang kemungkinan berhubungan dengan kanker paru-paru bisa saja berupa batuk kering atau batuk berdahak. Tanda yang lebih jelas biasanya jika batuk membandel ini bertahan hingga delapan minggu tanpa sebab yang jelas.

Berbeda dengan batuk umumnya yang lebih sering dialami saat siang hari, batuk yang disebabkan oleh kanker paru-paru biasanya akan memburuk pada malam hari. Menyebabkan penderitanya kesulitan tidur, kelelahan hingga penurunan produktivitas. Banyak orang yang mengabaikan kondisi ini hingga menyebabkan deteksinya menjadi lebih lambat.

  1. Berat Badan Turun Drastis

Turunnya berat badan mungkin disyukuri oleh sebagian orang, namun jika kondisi ini tidak dilatari alasan yang jelas, maka patut diwaspadai. Turunnya berat badan secara tiba-tiba bisa saja karena nafsu makan yang menurun atau bahkan merupakan ciri-ciri kanker paru-paru.

Kanker atau tumor yang sedang tumbuh akan membuat tubuh merespon dengan menghabiskan banyak kalori untuk menyembuhkannya, sehingga kalori Anda akan banyak diserap oleh proses ini. Penurunan berat badan yang berhubungan dengan kanker, tidak hanya kanker paru-paru, biasanya sulit dijelaskan. Bahkan penurunan berat badan terjadi ketika seseorang tidak melakukan perubahan apapun pada pola makannya.

Penurunan berat badan akibat kanker seperti ini disebut sebagai cachexia, dalam kasus yang parah bisa benar-benar membuat penderita kehilangan berat badannya secara drastis hingga tampak kurus kering.

  1. Suara Serak

Suara serak memang banyak penyebabnya, misalnya radang tenggorokan atau karena terlalu banyak bersuara. Namun ketika penyebabnya tidak diketahui, maka segeralah periksakan ke dokter. Jika kondisinya tidak membaik setelah 2 minggu pengobatan, maka perlu dicurigai adanya pengaruh dari kanker paru. Alasannya, kanker dapat mempengaruhi kotak suara, sehingga membuat suara menjadi serak.

  1. Merasa lelah atau lemah

Rasa lemah atau lesu biasa disebut dengan istilah malayse. Kondisi ini umum terjadi pada penderita kanker, dimana energi tubuh banyak digunakan untuk melawan kanker menjadikan badan lemas atau lemah hingga tidak ada gairah untuk menjalani aktifitas sehari-hari.

  1. Nyeri Dada

Salah satu gejala utama kanker paru-paru adalah nyeri di dada. Jadi ketika ada nyeri yang mendalam di paru-paru saat batuk, tertawa atau mengangkat benda, terlebih rasa sakitnya terus menerus, bisa menjadi pertanda adanya kanker paru-paru. Rasa sakit seperti ini muncul akibat penekanan masa tumor terhadap jaringan sekitarnya. Jadi, rasa sakit ini akan menguat seiring perkembangan tumornya.

Jika kanker paru-paru sudah menyebar ke bagian tubuh lain, rasa sakit juga akan muncul pada bagian tersebut. Metastasis atau penyebaran kanker paru-paru ke organ lain bisa mencapai tulang. Jadi jika Anda mengalami nyeri tulang, terutama di punggung dan pinggul yang disertai nyeri dada, sebaiknya segera hubungi dokter.

  1. Infeksi yang berulang

Sering terinfeksi penumonia atau bronkitis, atau infeksi saluran pernapasan lainnya bisa jadi tanda awal dari kanker paru-paru. Jika terjadi infeksi paru-paru kronis sebaiknya segera lakukan pemindaian paru-paru dengan x-ray atau CT-Scan. Infeksi yang sering muncul biasanya karena sistem kekebalan tubuh terganggu akibat terus menerus melawan kanker yang muncul.

Infeksi berulang pada paru-paru merupakan kondisi yang umum dari kemunculan kanker paru-paru. Adanya kanker pada paru-paru membuat infeksi bakteri biasanya lebih mudah menyerang paru-paru dan saluran pernapasan. Infeksi semacam ini perlu diobati secara terpisah dengan antibiotik.

  1. Suasana hati yang buruk

Perubahan suasna hati juga menjadi salah satu dari sekian banyak ciri-ciri kanker paru-paru. Kondisi lekas marah, kelelahan, depresi bisa jadi rutinitas yang dialami penderita kanker paru-paru. Umumnya orang yang biasanya santai bisa jadi sangat tempramental. Namun, karena gejala ini sangat tidak spesifik, dokter biasanya tidak langsung menghubungkannya dengan kanker paru-paru.

Gangguan mood ini paling sering dialami oleh penderita kanker paru stadium lanjut, sehingga tidak mungkin dijadikan satu-satunya ciri-ciri kanker paru-paru. Namun jika gangguan suasana hati ini diikuti oleh gejala lain seperti pada daftar ini, sebaiknya segera hubungi dokter Anda.

Itulah gejala kanker paru yang sering diabaikan. Perlu diingat, gejala-gejala ini mungkin juga disebabkan oleh kondisi lain selain kanker paru-paru. Namun, jika Anda mendapati masalah ini muncul, segeralah hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat …

Gejala Kanker Paru Yang Sering Diabaikan

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*