Makanan Penyebab Kanker Payudara

Makanan Penyebab Kanker Payudara

 

Makanan Penyebab Kanker Payudara – Kanker payudara adalah penyakit yang paling ditakuti wanita setelah kanker serviks. American Cancer Society pada tahun 2012 merilis angka kematian wanita akibat kanker payudara sebesar 226.870 kasus. Namun jangan salah, kanker ini tak hanya dapat menyerang wanita. Pria pun juga bisa terkena kanker payudara meski prosentase dan probabilitinya lebih kecil dari wanita.

Berbagai studi tentang kanker payudara terus dilakukan para ahli guna mencari pengobatan dan pencegahan yang tepat. Salah satu metode pencegahan yang saat ini paling banyak dianjurkan untuk diterapkan adalah menghindari makanan pemicu kanker payudara. Makanan memang faktor utama munculnya dan hilangnya suatu penyakit dalam tubuh. Kita seringkali tak sadar bahwa makanan yang kita konsumsi sehari-hari ternyata dapat menjadi pemicu terbesar terjadinya kanker payudara. Oleh karena itu, sebelum semua terlambat dan kanker telanjur merajalela, tak ada salahnya mulai sekarang kita lebih mengetahui dan menerapkan anjuran pola makan sehat guna menghindari kanker payudara. Lantas, apa saja makanan penyebab kanker payudara yang sebaiknya dihindari? Simak daftarnya di bawah ini.

  1. Daging Olahan

Daging olahan mengandung pengawet buatan yang bila terlalu sering dikonsumsi apalagi dalam jangka panjang akan memicu tumbuhnya sel kanker. Padahal, banyak dari kita yang sering mengkonsumsinya sehari-hari karena praktis dan lezat. Ada baiknya mulai sekarang hindari aneka daging olahan di bawah ini :

  • Daging babi (bacon), sapi, ayam dan kalkun asap
  • Sosis
  • Ham
  • Hot dog
  1. Daging Merah

Tak hanya daging olahan yang berbahaya bagi tubuh, ternyata daging merah yang selama ini kerap dirujuk sebagai makanan sehat juga dapat menjadi makanan pemicu kanker. Penelitian dari Harvest Medical School menyebutkan bahwa konsumsi daging merah seperti daging babi, sapi dan kambing dapat meningkatkan perkembangan kanker usus.

  1. Kentang Goreng

Anda mungkin shock karena kentang goreng sepertinya adalah makanan favorit setiap orang dan sering dikonsumsi sehari-hari. Namun faktanya, kentang goreng mengandung akrilamida (suatu zat karsinogenik yang akan terbentuk pada makanan yang diolah pada suhu tinggi) yang meningkatkan resiko tidak hanya kanker payudara, namun juga berbagai macam kanker lain pada tubuh manusia. Bila Anda ingin tetap mengkonsumsi kentang, mengukusnya atau mencampurnya dalam adonan sayur sup akan jauh lebih menyehatkan.

  1. Popcorn

Popcorn adalah cemilan favorit yang banyak dikudap orang saat menonton film atau saat menikmati suasana santai bersama keluarga dan teman. Namun hati-hati, kebanyakan popcorn dibuat dengan menggunakan microave dimana lapisan bahan kimia pada microwave yang membuat makanan renyah dan segar terbukti dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti kerusakan paru-paru, kanker payudara, kanker hati, dan infertilitas. Masaklah popcorn secara manual dengan panci meski rasanya tentu tidak akan selezat dengan dimasak memakai microwave.

  1. Gula Halus

Gula halus amat sering dikonsumsi sehari-hari dalam aneka makanan seperti kue, roti, pie, sereal, tumisan sayur, sup belum lagi dalam teh, jus dan kopi yang Anda minum sehari-hari. Gula halus ternyata akan membuat lonjakan insulin pada tubuh yang memicu tumbuhnya sel kanker jauh lebih cepat. Ganti gula halus Anda dengan madu untuk lebih sehatnya.

  1. Sayuran dan buah yang mengandung pestisida
Makanan Penyebab Kanker Payudara

Sayuran dan buah yang mengandung pestisida

Sayuran dan buah memang sehat baik kesehatan tubuh, namun tidak dengan sayur dan buah yang mengandung pestisida. Pestisida merupakan penyebab kanker nomer satu. Hindari makan buah berry, apel dan selada non-organik demi kesehatan anda. Sayuran dan buah non-organik menggunakan hormon dan penyubur yang membuat sayur dan buah menjadi lebih besar. Buah yang sering menggunakan pestisida seperti apel, jeruk, anggur dan strawberry sebaiknya cuci bersih terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Meskipun hal ini tidak menjamin 100% pestisida hilang.

  1. Salmon dari Peternakan

Ikan salmon adalah ikan favorit bagi banyak ibu-ibu yang sedang pada masa mengenalkan makanan sehat pada anak-anaknya. Memang wajar karena salmon banyak mengandung protein dan omega 3 yang tinggi melebihi ikan lainnya, Namun, itu hanya ditemukan pada salmon yang hidup liar di lautan lepas. Seiring maraknya permintaan ikan salmon di pasaran membuat produsen memilih jalan peternakan salmon sebagai sarana pemenuhan permintaan konsumen. Salmon yang dibiakkan di peternakan ditemukan memiliki 30 kali kutu laut lebih banyak dan menyebabkan tingginya kadar merkuri, dioxin dan PCB di dalamnya. Belillah ikan salmon yang memiliki label khusus bahwa itu adalah salmon liar yang berasal dari lautan lepas.

  1. Tomat Kaleng

Tomat kaleng banyak tersedia dalam bentuk saus, pasta maupun manisan. Mulai sekarang berhentilah membeli tomat dalam kaleng karena lapisan dalam kaleng umumnya memakai bahan kimia bisphenol-A yang beracun bagi tubuh dan mempercepat timbulnya sel kanker. Sebaiknya, belilah tomat segar atau olahan tomat yang dikemas dalam botol kaca.

  1. Kerupuk dan Keripik

Apakah Anda termasuk orang yang susah jauh dari kerupuk saat makan dan keripik saat menonton televisi? Waspadalah, mengkonsumsi makanan yang garing renyah seperti itu tidak membawa nutrisi sama sekali bagi tubuh. Kerupuk dan keripik diolah dalam suhu tinggi hingga terbentuk zat karsinogen dan banyak mengandung lemak trans dan kadar garam yang tinggi. Komplet sudah rentetan penyakit berbahaya yang dapat timbul seperti jantung koroner, kerusakan hati, gagal ginjal, obesitas, dan kanker. Bila masih sulit menghindarinya, konsumsilah sesekali saja dan usahakan tidak dalam porsi yang berlebihan.

  1. Makanan yang Dibakar/Dipanggang

Zat karsinogen terbentuk saat makanan diolah dengan cara dibakar atau dipanggang dalam waktu lama dan berwarna agak hitam gosong. Celakanya, makanan seperti ini justru sangat digemari seperti pada ayam bakar, ikan bakar, sate, dan masih banyak yang lain. Karsinogen akan bersenyawa dalam sel tubuh dan memicu pertumbuhan kanker 2 kali lipat lebih cepat.

  1. Makanan yang dipanaskan dalam microwave

Semua jenis makanan yang dipanaskan dalam microwave memiliki potensi menjadi penyebab kanker. Hal ini disebabkan karena wadah plastik yang digunakan akan melepaskan banyak racun kimia ketika dipanaskan dalam microwave.

Itulah beberapa jenis makanan penyebab kanker payudara. Semoga dengan informasi di atas kita tahu makanan apa saja dan cara memasak seperti apa yang dibolehkan atau tidak dibolehkan sehingga bisa meminimalisir resiko terkena penyakit kanker payudara. Semoga bermanfaat …

Makanan Penyebab Kanker Payudara

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*