Penyebab Kanker Secara Umum

Penyebab Kanker Secara Umum

 

Penyebab Kanker Secara Umum – Kanker merupakan penyakit paling berisiko menyebabkan kematian kedua di dunia. Di tahun 2015 angka kematian akibat kanker mencapai 8,8 juta.  Penyakit ganas ini menyerang tanpa pandang usia dan jenis kelamin. Yang mengkhawatirkan, penyakit ini sulit atau bahkan hampir mustahil disembuhkan. Yang menjadi pertanyaan kemudian adalah, apa yang bisa membuat seseorang terkena kanker?

Penyebab Kanker Secara Umum

Penyebab Kanker Secara Umum

Kanker pada dasarnya terjadi karena mutasi sel-sel normal secara berulang sehingga membentuk sel ganas yang berkembang secara tak terkendali dan mengganggu kelangsungan hidup sel-sel normal. Yang unik dari sel kanker adalah kemampuannya untuk membuat sendiri pembuluh darah agar sel-sel kanker yang tumbuh dapat memasok makanannya sendiri.

Seluruh sel-sel di bagian tubuh yang bisa membelah bisa berubah menjadi sel kanker, kecuali kuku dan rambut. Oleh karena itu, kanker ada berbagai macam jenis sesuai tempat tumbuhnya, mulai dari kanker kulit, payudara, prostat, paru, hingga kanker darah. Penyebabnya pun juga beraneka ragam. Berikut adalah beberapa penyebab kanker, antara lain.

  1. Faktor genetik/keturunan

Beberapa jenis penyakit kanker dapat terjadi karena faktor genetik walaupun banyak juga penyakit kanker yang tidak berhubungan sama sekali dengan faktor ini. Meskipun faktanya demikian, namun tak ada salahnya jika Anda lebih berhati-hati dengan penyakit ini terutama jika dalam keluarga Anda ada yang sudah menderita kanker.

  1. Faktor gaya hidup

Beberapa gaya hidup tak sehat seperti merokok, minum alkohol, pergaulan bebas merupakan pemicu atau penyebab kanker yang harus segera di hentikan. Merokok pasif maupun aktif sangat beresiko pada kondisi kesehatan Anda dan merupakan penyebab kanker terutama kanker paru-paru, kanker mulut dan kanker pita suara.

  1. Faktor lingkungan

faktor lingkungan pun dapat menjadi penyebab kanker seperti terlalu banyak terkena paparan sinar matahari , terkena radiasi,  polusi dan lain-lain. Risiko yang muncul jika terlalu banyak terkena paparan sinar matahariakan menyebabkan kanker kulit dan bahkan dapat memicu kebutaan mata. Bila memang Anda terpaksa harus berada di luar ruangan dalam waktu yang cukup lama, sangat disarankan untuk menggunakan topi, pakaian tertutup dan gunakan sunblock pada kulit Anda.

Tak hanya sinar matahari yang dapat menjadi penyebab kanker, radiasi ionisasi seperti pada rontgen/sinar X atau radiasi yang di timbulkan pembangkit tenaga listrik pun dapat meningkatkan faktor risiko terjadinya kanker.

  1. Faktor makanan

Tahukah Anda jika kebanyakan penyakit yang terjadi pada diri Anda disebabkan oleh makanan yang Anda konsumsi setiap harinya termasuk menjadi penyebab kanker ? Makanan yang tidak sehat, makanan yang di olah dengan cara yang tidak baik, menggunakan bahan kimia berbahaya, terlalu banyak memakan makanan instan/junk food mampu meningkatkan faktor risiko terjadinya kanker. Oleh karena itu, tinggalkan kebiasaan buruk tersebut  dan mulailah memakan makanan yang sehat dengan gizi seimbang.

  1. Diet

Siapa yang menyangka jika ternyata diet juga merupakan penyebab umum kanker ? Asupan tinggi lemak dikaitkan dengan kanker payudara, usus besar, ovarium, ginjal, paru-paru, dan endometrium; asupan serat yang rendah dikaitkan dengan tingkat resiko terkena kanker usus besar yang lebih tinggi; peningkatan asupan fitoestrogen dapat dikaitkan dengan tingkat resiko kanker payudara yang lebih rendah.

  1. Kurang Olahraga

Kurang olahraga juga bisa menjadi penyebab kanker, kenapa ? Waktu yang sebagian besar dihabiskan di atas tempat duduk dihubungkan dengan peningkatan resiko terkena berbagai macam kanker. Untungnya, menjadi lebih aktif adalah perbaikan yang bisa dengan mudah dilakukan oleh kebanyakan orang.

  1. Gangguan keseimbangan hormonal

Adanya gangguan keseimbangan pada sistem hormonal dapat juga menjadi penyebab penyakit kanker. Hormon estrogen berfungsi merangsang pertumbuhan sel namun cenderung mendorong terjadinya kanker. Sedangkan hormon progesteron lebih cenderung melindungi terjadinya pertumbuhan sel yang berlebihan. Bila terjadi ketidakseimbangan pada kedua hormon ini, misalnya kelebihan estrogen dan kekurangan progesteron maka akan meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara, kanker leher rahim, dan kanker prostat.

  1. Kegemukan

Melonjaknya hormon insulin yang mengimbangi pertumbuhan berat badan memperbesar risiko untuk nyaris semua jenis kanker, terutama kanker ginjal, kantung empedu dan esofagus. Perempuan yang menderita kegemukan cendrung memproduksi hormon seks di jaringan lemak, sehingga mudah terserang kanker rahim dan payudara.

  1. Daging merah

Daging merah bisa menyebabkan kanker usus besar. Sejauh ini penyebabnya memang belum diketahui, tapi penelitian jangka panjang mengungkap hubungan antara keduanya. Ancaman terbesar berasal dari daging sapi atau daging babi. Keduanya nyaris menggandakan risiko kanker. Sebaliknya daging ikan mencegah timbulnya kanker.

  1. Infeksi virus

Virus papiloma manusia bisa menimbulkan kanker rahim. Sementara virus Hepatitis B dan C dalam banyak kasus merusak sel Hepatosit. Bakteri Helicobacter pylori menetap di dalam lambung dan mempercepat pertumbuhan sel kanker. Mencegah infeksi virus-virus tersebut bisa dilakukan dengan imunisasi. Sedangkan bakteri Helicobacter pylori dapat dicegah dengan antibiotika.

  1. Pil KB

Pil anti kehamilan memang sedikit meningkatkan risiko kanker payudara. Tapi saat yang bersamaan obat itu menurunkan risiko kanker ovarium secara drastis. Secara keseluruhan, pil anti kehamilan lebih banyak melindungi manusia, ketimbang mengancam – setidaknya dalam kasus penyakit kanker.

  1. Kosmetik

Perempuan sering menggunakan make up untuk meningkatkan penampilan. Namun bahan kimia yang terkandung pada kosmetik akan tetap ada di dalam tubuh sekalipun sudah membersihkan wajah. Sebaiknya gunakan kosmetik dengan bahan organik untuk mengurangi risiko kanker kulit.

Itulah beberapa penyebab kanker sercara umum yang harus Anda ketahui. Mulai dari sekarang ubahlah gaya hidup Anda dan makan makanan yang seimbang. Bila terjadi sesuatu yang pada tubuh Anda yang Anda curigakan itu adalah kanker, lebih baik segera hubungi dokter untuk penanganan yang tepat.

Penyebab Kanker Secara Umum

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*